top of page
Search
  • interiorketceh

6 Prinsip Dasar Desain Interior

Updated: Dec 7, 2021

Desainer interior mungkin saja bekerja untuk Anda meskipun Anda berada di kota yang berbeda. Jika Anda sudah mengincar seorang desainer karena menyukai karyanya dan Anda tahu bahwa dia tinggal di kota yang jauh dari tempat tinggal Anda, jangan langsung menganggap Anda tidak bisa bekerja sama dengannya. Saat ini sejumlah perusahaan desain interior memiliki kantor cabang atau perwakilan di kota lain. Para desainer pun bersedia melakukan perjalanan jauh untuk suatu proyek.


Jadi jika Anda ingin bekerja sama dengan desainer tertentu, harus dipastikan terlebih dahulu kesanggupannya. Karena tidak semua desain interior mau melakukan pengerjaan proyek yang tidak sesuai passion mereka. Namun anda bisa saja mencari seorang desainer tersebut di jakarta, karena bayak sekali interior design jakarta yang menawarkan keahliannya dengan banyak bakat untuk menentukan konsep desain interior, baik untuk rumah, apartemen, ruko, dll. Untuk lebih jelas dalam memahami hal tentang desain interior, berikut dasar tentang desain interior.


Berikut Beberapa Prinsip Dasar di Dalam Desain Interior..

  • Unity and Harmony

Yaitu suatu ruangan dianggap sebagai suatu kesatuan dimana semua elemen yang ada saling melengkapi dan berkesinambungan satu dengan yang lainnya sehingga menghasislkan komposisi yang seimbang.

  • Keseimbangan (Balance)

Keseimbangan berarti tidak “berat” sebelah. Tidak terlalu condong ke sisi sebelah kanan atau kiri atau atas dan sebagainya. Segala sesuatu yang seimbang akan menciptakan unity dan harmony.

  • Ritme (Keselarasan)

Dalam desain interior, ritme adalah semua pola pengulangan tentang visual. Ritme didefinisikan sebagai kontinuitas atau pergerakan terorganisir.

  • Detail

Detail pada desain interior mencakup segala kelengkapan yang ada pada ruangan. Mulai dari furniture utama, furniture tambahan, hingga furniture artivasial. Detail-detail tersebut juga berpengaruh besar terhadap suasana ruang yang tercipta.

  • Skala dan Proporsi

Kedua prinsip desain yang berjalan beriringan, karena keduanya berhubungan dengan ukuran dan bentuk. Skala dan proporsi disini berpengaruh terhadap tingkat kenyamanan civitas yang berada di dalam ruangan.

  • Warna Instrumen

Warna pada desain interior berpengaruh terhadap mood dan suasana ruang. Warna-warna yang soft akan cenderung menciptakan suasana ruang yang menenangkan, sedangkan warna-warna cerah akan memberikan suasana ruang yang menyegarkan.


Mengapa Desain Interior Ini Begitu Penting?


Desain interior sangatlah penting untuk menciptakan suasana ruangan yang tidak hanya indah dilihat, namun juga nyaman digunakan sehingga siapapun yang ada di dalamnya akan merasa betah dan ingin berlama-lama di dalamnya.


Walau sebuah ruangan tersebut memiliki ukuran yang luas, namun jika penataan interior didalamnya tidaklah bagus maka ruangan tersebut akan terlihat biasa saja bahkan akan terasa sempit. Untuk itu dibutuhkan jasa desain interior untuk menghasilkan ruangan yang indah dan nyaman.


Desain interior juga tidak hanya difokuskan untuk sebuah hunian atau rumah saja, namun juga di fokkuskan untuk bangunan komersial seperti perkantoran. Rancangannya termasuk hotel dan lounge, restoran dan ruang ritel, kantor, bank, teater, rumah sakit, klinik, perpustakaan, sekolah, klub, spa, pusat perbelanjaan, dan sebagainya.

107 views0 comments

Recent Posts

See All
bottom of page